Wednesday, February 29, 2012

Silabus Agama semester Ganjil - Genap 2011-2012


           PEMERINTAH KOTA BLIT1AR
           DINAS PENDIDIKAN DAERAH
                       UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BLITAR
                   Jl. Kenari 30 Telp./Fax. (0342) 801947 Blitar 66134
              NSS: 32.1.05.65.03.001 NIS: 403010
                        Website: www.smkn1blitar.com Email: smkn1blitar@yahoo.co.id
 

NAMA SEKOLAH                             : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN                         : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER                       : X / 1
STANDAR KOMPETENSI                : Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan
                                                         bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE  KOMPETENSI                      : N.1.B.PAK.001
ALOKASI  WAKTU                           : 9 X pertemuan  @ 4 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
TM
PS
PI
1.1. Mengalami proses pertumbuhan sebagai  pribadi yang  dewasa dan  memiliki karakter  yang kokoh dengan pola pikir yang komprehensif dalam  segala aspek
Ciri-ciri  manusia yang bertumbuh sebagai pribadi yang dewasa disebutkan dengan benar








Potensi dan Kelemahan diri  disebutkan dan dideskripsikan melalui pikiran, perkataan, dan perbuatan

Pola pikir yang komprehensif dimiliki oleh siswa
1. Bertumbuh Menjadi Dewasa





2. Takut akan Tuhan

3. Karakter Remaja Kristen



4. Membangun Jati Diri



5. Berpikir Positif
6. Berpikir Kreatif dan Kritis


7. Menghadapi tantangan
1. Mengisi lembar pengenalan diri dan skala sikap untuk memahami sejauh mana siswa telah bertumbuh dewasa menurut enam aspek perkembangan yang ada pada manusia
2. Mendeskripsikan dan mendiskusikan pengertian “takut akan Tuhan” (membuat kliping mengenai kasus “takut pada teman lebih tinggi dari pada takut akan Tuhan”
3. Mendiskusikan Firman Tuhan dari Hakim-hakim 11:1-11, 2 Tawarikh 24; 1 Raja-raja 21; Ester 4 dan Daniel 3
4.Mengklasifikasikan potensi dan kelemahan diri melalui pikiran dan perbuatan
5. Mendiskusikan makna berpikir positif,kreatif dan proaktif
6. Mempresentasikan dan mendiskusikan hasil berpikir kreatif dan tiga kisah dalam buku siswa
7. Mendiskusikan 3 jenis pencobaan yang dialami oleh Tuhan Yesus
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
22


1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Bertumbuh Dalam Kristus”
3. Dewasa dalam Kristus
4. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
5. Etika Kristen





Alat :
1. Kliping
2. Photo diri dan Keluarga
3. Gelas
4. Air
5. Botol Aqua

1.2. Mengidentifikasi berbagai pergumulan dalam keluarga dalam kaitannya dengan pengaruh modernisasi
Pengaruh modernisasi terhadap kelangsungan hidup keluarga diidentifikasi  dengan baik
Makna Keluarga yang bertumbuh dalam Kristus dianalisis dengan  baik
8. Dasar Keluarga Kristen
9. Cinta Kasih sebagai Pengikat Keluarga


10. Pengaruh Gaya Hidup terhadap Keluarga
8. Mendiskusikan keluarga tokoh dalam Alkitab (Abraham, Daud, Imam Eli)
9. Mempelajari pernyataan almarhum M.A.W.Brouwer dan mendaftarkan hal yang bisa dikerjakan untuk mempererat keluarga
10. Membuat kliping mengenai  pengaruh gaya hidup modern terhadap keluarga dan mendiskusikannya
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap





14


1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Bertumbuh Dalam Kristus”
3. Psikologi Keluarga
4. Etika Kristen
5. Psikologi Anak dan Remaja


Alat:
1.Kliping.



BIDANG STUDY KEAHLIAN:                                                                                        SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
TEKNOLOGI DAN REKAYASA                                                                                                                         Halaman 2 dari 12
     NAMA SEKOLAH                             : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN                         : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER                       : X / 1
STANDAR KOMPETENSI                : Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan
                                                         bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE KOMPETENSI                       : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU                            : 9 X pertemuan  @ 4 x 45 menit

STANDAR KOMPETENS I / KODE
KELAS / SEMESTER
KOMPETENSI  DASAR
NILAI-NILAI KARAKTER
STRATEGI  INTEGRASI
1.1. Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
N.1.B.PAK.003


X / 1
1.1. Mengalami proses pertumbuhan sebagai  pribadi yang  dewasa dan  memiliki karakter  yang kokoh dengan pola pikir yang komprehensif dalam  segala aspek
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN

● Menjaga kebersihan ruangan belajar / kelas

KERJA  KERAS
RASA INGIN TAHU
MANDIRI


●Mendeskripsikan dan mendiskusikan pengertian “takut akan Tuhan” (membuat kliping mengenai kasus “takut pada teman lebih tinggi dari pada takut akan Tuhan

TANGGUNG JAWAB

JUJUR

● Mengklasifikasikan potensi dan kelemahan diri melalui pikiran dan perbuatan
KOMUNIKATIF


KREATIF


● Mendiskusikan makna berpikir positif,kreatif dan 
proaktif

● Mempresentasikan dan mendiskusikan hasil berpikir
kreatif dan tiga kisah dalam buku siswa


1.2. Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
N.1.B.PAK.003


X / 1
1.2. Mengidentifikasi berbagai pergumulan dalam keluarga dalam kaitannya dengan pengaruh modernisasi
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN

● Menjaga kebersihan dan kerapian ruangan belajar / kelas
KERJA  KERAS

RASA INGIN TAHU
JUJUR
TANGGUNG JAWAB


KREATIF
MANDIRI

● Mendiskusikan dan mencari tahu mengenai keluarga tokoh dalam Alkitab (Abraham, Daud, Imam Eli)
● Mempelajari pernyataan almarhum M.A.W.Brouwer dan mendaftarkan hal yang bisa dikerjakan untuk mempererat keluarga

  Membuat kliping mengenai  pengaruh gaya hidup modern terhadap keluarga dan mendiskusikannya
















PEMERINTAH KOTA BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax. (0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001 NIS: 403010


NAMA SEKOLAH                             : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN                         : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER                       : X / 2
STANDAR KOMPETENSI                : Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan
                                                         bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
     KODE KOMPETENSI                       : N.1.B.PAK.001
     ALOKASI WAKTU                             : 9 x pertemuan @ 4 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
TM
PS
PI
2.1. Mengidentifikasi berbagai pergumulan dalam keluarga dalam kaitannya dengan pengaruh modernisasi
Keutuhan keluarga dijaga dengan penuh tanggungjawab
Angggota Keluarga dikasihi dan dihormati sesuai ajaran Firman Tuhan
♣ Pengaruh modernisasi terhadap kelangsungan hidup keluarga diidentifikasi dengan sebaik-baiknya
Pentingnya peran keluarga dan Sekolah dalam mendidik anak dipahami dengan benar
1. Tanggung jawab Orang tua terhadap anak



2. Tanggung jawab anak terhadap Orang tua



3. Keluarga dan Sekolah sebagai Lembaga Pendidikan
1. Mendiskusikan topik “ anak yang hilang” ( Lukas 15: 11-32).
2. Membuat kliping mengenai kasus-kasus dalam keluarga.
3. Mendiskusikan kasus “Orang tua di panti jompo”. 4. Mendeskripsikan tugas dan tanggungjawab anak terhadap orang tua


5. Mendiskusikan manfaat bersekolah dan kerugian tidak bersekolah
Mendaftarkan peran serta keluarga dan sekolah dalam pendidikan

1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
14


1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Bertumbuh Dalam Kristus”
3. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
6. Tuhan Ajarlah aku
Alat :
1. Kliping
2. Foto diri dan Keluarga
3. Gelas
4. Air
5. Botol Aqua
2.2. Menjelaskan Makna Kebersamaan dengan Orang lain tanpa Kehilangan Identitas
♣ Cara mewujudkan identitas sebagai murid Kristus dijelaskan dengan benar sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus




Cara mewujudkan sikap menghargai Orang lain dijelaskan sesuai dengan Ajaran Tuhan Yesus

Rasa simpati dan empati  ditunjukkan terhadap orang lain


Kehidupan sebagai Remaja Kristen dijalani secara benar dan suci dalam persahabatan dan Pacaran
4. Menjadi Murid Yesus Kristus








5. Menghargai Orang lain




6. Persahabatan




7.  Pacaran
6. Mendeskripsikan mengenai persamaan dan perbedaan antara menjadi murid sekolah dan menjadi murid Tuhan Yesus
7. Memahami dan membedakan 3 jenis jawaban terhadap panggilan Yesus untuk menjadi muridNya
8. Membaca,menanggapi Ibrani 10:24
9. Membuat skala penilaian menghargai orang lain dan bukti-bukti pendukungnya

10. Mendiskusikan dan mempresentasikan Amsal 1-2 dan Amsal 3
11. Memahami makna dan arti dari persahabatan
12. Mendefinisikan etika pacaran dan pacaran yang sehat
13. Mendiskusikan keuntungan dan kerugian dari berpacaran
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
22


1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Bertumbuh Dalam Kristus”
3. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus

BIDANG STUDY KEAHLIAN:                                                                                        SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
TEKNOLOGI  DAN  REKAYASA                                                                                                                                               Halaman 4 dari 12
     NAMA SEKOLAH                             : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN                         : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER                       : X / 2
STANDAR KOMPETENSI                : Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan
                                                         bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE KOMPETENSI                       : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU                            : 9 X pertemuan  @ 4 x 45 menit

STANDAR KOMPETENS I / KODE
KELAS / SEMESTER
KOMPETENSI  DASAR
NILAI-NILAI KARAKTER
STRATEGI  INTEGRASI
1.1.  Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
N.1.B.PAK.003


X / 2
1.2. Mengidentifikasi berbagai pergumulan dalam keluarga dalam kaitannya dengan pengaruh modernisasi
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN

● Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
KERJA  KERAS
RASA INGIN TAHU
MANDIRI

TANGGUNG JAWAB
JUJUR

KOMUNIKATIF

KREATIF

●Mendiskusikan topik “ anak yang hilang” ( Lukas 15: 11-32)
.
●. Membuat kliping mengenai kasus-kasus dalam keluarga.

●. Mendiskusikan kasus “Orang tua di panti jompo”..
 ● Mendeskripsikan tugas dan tanggungjawab anak terhadap orang tua
●. Mendiskusikan manfaat bersekolah dan kerugian tidak bersekolah
●Mendaftarkan peran serta keluarga dan sekolah dalam pendidikan







STANDAR KOMPETENS I / KODE
KELAS / SEMESTER
KOMPETENSI  DASAR
NILAI-NILAI KARAKTER
STRATEGI  INTEGRASI
1.1. Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
N.1.B.PAK.003


X / 2
1.3. Menjelaskan Makna Kebersamaan dengan Orang lain tanpa Kehilangan Identitas
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN

● Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
KERJA  KERAS
RASA INGIN TAHU
MANDIRI

● Mendeskripsikan mengenai persamaan dan perbedaan antara menjadi murid sekolah dan menjadi murid Tuhan Yesus

TANGGUNG JAWAB
JUJUR

KOMUNIKATIF

KREATIF

● Memahami dan membedakan 3 jenis jawaban terhadap panggilan Yesus untuk menjadi muridNya
● Membaca,menanggapi Ibrani 10:24
● Membuat skala penilaian menghargai orang lain dan bukti-bukti pendukungnya
● Mendiskusikan dan mempresentasikan Amsal 1-2 dan Amsal 3
● Memahami makna dan arti dari persahabatan
● Mendefinisikan etika pacaran dan pacaran yang sehat
● Mendiskusikan keuntungan dan kerugian dari berpacaran











PEMERINTAH KOTA BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax. (0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001 NIS: 403010


      NAMA SEKOLAH                            : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN                         : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER                       : XI / 3
STANDAR KOMPETENSI                : Merespon nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta Perkembangan Ilmu
                                                         Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) dan Menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidpan sehari-hari
KODE KOMPETENSI                       : N.1.B.PAK.002
ALOKASI WAKTU                            : 7 x Pertemuan @ 4 x 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
TM
PS
PI
1.1. Mengidentifikasi
kan dan mewujudkan nilai-nilai Kristiani
♣ Nilai-nilai Kristiani didalam hidup sehari-hari diidentifikasi dengan jelas





♣ Norma-norma didalam masyarakat dikritisi berdasarkan nilai-nilai Kristiani
1.Bersikap Kritis terhadap Nilai-nilai Universal didalam
Masyarakat


2. Iman Kristen dan Nilai-Nilai Kristiani
3.Bercermin Diri

4. Memilih yang benar: Belajar dari Tokoh Alkitab


5. Memilih yang benar : Belajar dari Sejarah Gereja
1. Mendaftarkan Nilai dan Norma yang berlaku di Masyarakat
2. Membuat kliping tentang Nilai dan Norma yang ada didalam masyarakat ( tentang aspek hukum,pendidikan,ekonomi,budaya)
3. Menganalisis beberapa nilai Kristiani

4. Mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan diri sendiri
5. Permainan mencari nama tokoh Alkitab dan menceritakan kisah hidup serta pelayanannya
6. Menuliskan keteladanan tokoh Alkitab
7. Menuliskan nama-nama Tokoh sejarah Gereja dan mengidentifikasi nilai-nilai Kristiani yang mereka anut
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
16


1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berbuah Dalam Kristus”
3. Iman dan Ilmu Pengetahuan
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus






Alat :
1.Kliping
2.Majalah
1.2. Mewujudkan nilai-nilai Kristiani didalam pergaulan antar pribadi dan sosial
♣ Nilai-nilai Kristiani digunakan sebagai dasar pergaulan antar pribadi dan sosial



♣ Tantangan dan peluang dalam mewujudkan nilai-nilai Kristiani pada pergaulan antar pribadi dan sosial diidentifikasi dengan benar
6. Pergaulan Remaja Kristen
7. Nikmat Membawa Maut







8. Bersukarialah dalam Kemudaanmu
8. Mendiskusikan ilustrasi dalam buku siswa
9. Menganalisis praktek pergaulan “ngedugem,free sex”
10. Mendiskusikan Firman Tuhan dari Yehezkiel 23:1-49
11. Membuat kliping mengenai bahaya narkoba, rokok dan minuman keras
12. Mendata gaya hidup remaja masa kini dan menuliskan dampak positif dan negatifnya
13. Menghafalkan firman Tuhan dari Amsal 22;6, Amsal 22:15 dan 2 Timotius 2:22 dan mendiskusikannya

1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
12


1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berbuah Dalam Kristus”
3. Iman dan Ilmu Pengetahuan
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus






Alat :
1.Kliping
2.Majalah
BIDANG STUDY KEAHLIAN:                                                                                        SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TEKNOLOGI DAN REKAYASA                                                                                                                                               Halaman 6 dari 12


1.3.Merespon nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta Perkembangan Ilmu pengetahuan danTeknologi ( IPTEK ) dan Menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari
N.1.B.PAK.003

XI / 3
2.2. Mewujudkan nilai-nilai Kristiani didalam pergaulan  antar pribadi dan sosial
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN

● Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
KERJA  KERAS
RASA INGIN TAHU
MANDIRI
KREATIF
TANGGUNG JAWAB
JUJUR

KOMUNIKATIF


● Mendiskusikan ilustrasi dalam buku siswa
● Menganalisis praktek pergaulan “ngedugem,free sex”
● Mendiskusikan Firman Tuhan dari Yehezkiel 23:1-49
● Membuat kliping mengenai bahaya narkoba, rokok dan minuman keras
● Mendata gaya hidup remaja masa kini dan menuliskan dampak positif dan negatifnya
● Menghafalkan firman Tuhan dari Amsal 22;6, Amsal 22:15 dan 2 Timotius 2:22 dan mendiskusikannya


















PEMERINTAH KOTA BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax. (0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001 NIS: 403010


      NAMA SEKOLAH                            : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN                         : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER                       : XI / 4
STANDAR KOMPETENSI                : Merespon nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta Perkembangan Ilmu
                                                         Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) dan Menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidpan sehari-hari
KODE KOMPETENSI                       : N.1. B.PAK.002
ALOKASI  WAKTU                           : 7 x Pertemuan @ 4 x 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
TM
PS
PI
2.1. Mewujudkan Nilai-nilai Kristiani didalam menghadapi gaya hidup modern
♣ Beberapa gaya hidup modern diidentifikasi dengan baik

♣ Beberapa gaya hidup modern dianalisis berdasarkan nilai-nilai Kristiani
♣ Sikap yang baik dan benar diwujudkan didalam menghadapi gaya hidup modern
1. Gaya Hidup Modern



2.Pandangan iman Kristen terhadap gaya hidup modern

3.Citra Pelajar Kristen
1. Membuat kliping atau kolase mengenai hidup modern
2. Mendiskusikan Firman Tuhan dari Yoh 15;1-8
3. Mendiskusikan dampak negatif dan positif gaya hidup modern


4. Mendiskusikan gaya hidup yang bersaksi: garam dan terang dunia,kawan sekerja Allah, surat Kristus

1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
12


1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berbuah Dalam Kristus”
3. Iman dan Ilmu Pengetahuan
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus

Alat :
1.Kliping
2.Majalah



2.2.Memahami dan bersikap kritis terhadap perkembangan budaya serta ilmu pengetahuan dan teknologi
♣ Motivasi belajar seumur hidup ditingkatkan dengan cara mengembangkan diri melalui observasi dan pengembangan budaya serta ilmu pengetahuan dan teknologi

♣Perkembangan budaya serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang merugikan manusia dan alam disaring dan didentifikasi dengan jelas
4.Kebudayaan dan hubungannya dengan iman Kristen





5.Pandangan Alkitab terhadap kebudayaan


6.Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 1
7.Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 2
8.Ilmu Pengetahuan,teknologi dan pengetahuan
5. Mendiskusikan cara meningkatkan semangat belajar dan dampak positif serta negatif dari pengembangan budaya
6. Mewawancarai orangtua tentang satu topik atau bentuk kebudayaan yang hidup dimasyarakat

7. Mendaftarkan perikop dan atau tokoh Alkitab yang menceritakan tentang penyalahgunaan kebudayaan
8. Menjelaskan pengaruh IPTEK bagi manusia

9. Menganalisis perkembangan IPTEK

10. Membuat laporan tentang pemanfaatan IPTEK
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
16


1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berbuah Dalam Kristus”
3. Iman dan Ilmu Pengetahuan
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus






Alat :
1.Kliping
2.Majalah
BIDANG STUDY KEAHLIAN:                                                                                                          SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTENTEKNOLOGI DAN REKAYASA                                                                                                                                       Halaman 8 dari 12









1.3.Merespon nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta Perkembangan Ilmu pengetahuan danTeknologi ( IPTEK ) dan Menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari
N.1.B.PAK.003

XI / 4
2.3. Memahami dan bersikap kritis terhadap perkembangan budaya serta ilmu pengetahuan dan teknologi
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN

● Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
KERJA  KERAS
RASA INGIN TAHU
MANDIRI
TANGGUNG JAWAB

●. Mendiskusikan cara meningkatkan semangat belajar dan dampak positif serta negatif dari pengembangan budaya
●Mewawancarai orangtua tentang satu topik atau bentuk kebudayaan yang hidup dan berkembang dimasyarakat

JUJUR
KOMUNIKATIF
KERJA  KERAS

●Mendaftarkan perikop dan atau tokoh Alkitab yang menceritakan tentang penyalahgunaan kebudayaan
●Menjelaskan pengaruh IPTEK bagi manusia

KREATIF
TANGGUNG JAWAB
KOMUNIKATIF
●Menganalisis perkembangan IPTEK
●Membuat laporan tentang pemanfaatan IPTEK











PEMERINTAH KOTA BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax. (0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001 NIS: 403010
                 Website: www.smkn1blitar.com Email: smkn1blitar@yahoo.co.id


     NAMA SEKOLAH                             : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN                         : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER                       : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI                : Bertangggung jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga gereja dalam mewujudkan nilai-
                                                         nilai Demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar baik dan damai sejahtera
KODE KOMPETENSI                       : N.1.B.PAK. 003
ALOKASI WAKTU                            : 8 x Pertemuan @ 4 x 45 menit

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
TM
PS
PI
1.1. Menjelaskan gereja dan perannya sebagai institusi sosial dan sebagai persekutuan orang percaya ditengah-tengah tantangan kehidupan masa kini

♣ Peran gereja sebagai institusi sosial dan sebagai persekutuan diindentifikasi dengan sebaik-baiknya
♣ Peran gereja sebagai institusi sosial dan sebagai persekutuan dikritisi melalui tulisan, diskusi dan analisis
♣ Tantangan yang dialami gereja masa kini dianalisis dan  masukan dalam rangka pembaruan peran gereja diberikan sesuai Firman Tuhan
1. Gereja sebagai institusi sosial dan persekutuan
2. Gereja diutus kedalam dunia
3. Bersikap kritis dalam gereja





4. Hubungan gereja dan negara

1.Menemukan arti dan tugas gereja sebagai lembaga sosial dan persekutuan
2.Mendiskusikan ciri-ciri dan sifat gereja
3. Mendiskusikan tugas dan panggilan sebagai warga gereja
4. Menuliskan profil kehidupan tokoh gereja dalam Alkitab

5. Mengkritisi perkembangan gereja





1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
16


1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berkarya Dalam Kristus”
3. Komunitas Gereja
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus






Alat :
1.Kliping
2.Majalah
1.2. Bersikap kritis terhadap peran agama dalam masyarakat




♣ Fungsi dan peran agama dalam masyarakat dijelaskan dengan baik

♣ Peran agama yang konstruktif dan destruktif dianalisis sebaik mungkin
5. Fungsi dan peran Agama dalam masyarakat


6. Simbolisme dan pluralisme dalam Agama
6. Menuliskan hasil analisis kehidupan beragama dalam bentuk laporan
7. Menelaah ajaran-ajaran Alkitab mengenai cinta damai


16


1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berkarya Dalam Kristus”
3. Komunitas Gereja
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
6. Hidup bersama dibumi Pancasila



Alat :
1.Kliping
2.Majalah

BIDANG STUDY KEAHLIAN:                                                                                        SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
TEKNOLOGI DAN REKAYASA                                                                                                                                     Halaman 10 dari 12






PEMERINTAH KOTA BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax. (0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001 NIS: 403010


     NAMA SEKOLAH                             : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN                         : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER                       : XII / 6
STANDAR KOMPETENSI                : Bertangggung jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga gereja dalam mewujudkan nilai-
                                                         nilai Demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar baik dan damai sejahtera
KODE KOMPETENSI                       : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU                            : 7 x Pertemuan @ 4 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
TM
PS
PI
2.1.Bersikap kritis terhadap nilai-nilai demokrasi dan HAM dalam hidupnya
♣ Pentingnya penerapan nilai-nilai demokrasi dan HAM dalam masyarakat dan bangsa Indonesia dijelaskan secara benar
♣Cara mewujudkan kehidupan yang berkeadilan,berani berkata benar dan membela kebenaran didiskusikan bersama
♣ Cara yang tepat untuk bersikap kritis terhadap persoalan dalam masyarakat didiskusikan bersama
♣ Program atau aksi bersama untuk demokrasi dan HAM dilakukan bersama

1.HAM menurut iman Kristen





2.Demokrasi menurut iman Kristen

1.Mengumpulkan dan menanggapi berita-berita dan gambar mengenai masyarakat yang tertindas



2.Mendiskusikan hubungan antara HAK dan Kewjiban setiap orang



3. Mengumpulkan berita-berita dari media massa mengenai cinta damai


4. Merancang dan melakukan aksi sosial

1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
16


1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berkarya Dalam Kristus”
3. Komunitas Gereja
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
6. Demokrasi Pancasila
7. Iman Kristen dan Pancasila






Alat :
1.Kliping
2.Majalah

2.2.Mewujudkan perannya sebagai pembawa kabar baik dan damai sejahtera secara pribadi dan komunitas
♣ Bagian-bagian tertentu dalam Alkitab tentang perdamaian dan kewajiban untuk memberitakannya diteliti dengan cermat
♣ Pentingnya pengembangan prinsif hidup dalam damai sejahtera sebagai pribadi dan komunitas dijelaskan dengan baik
♣ Pemberita kabar baik dan pembawa damai sejahtera diekspresikan melalui diri sendiri
♣ Peran sebagai pembawa damai dilingkungan diekspresikan dengan baik dalam hidup sehari-hari
1.Allah sumber damai sejahtera




2.Hidup damai dengan semua orang






3. Kamu adalah garam dan terang dunia
5. Menelaah ayat Alkitab yang berhubungan dengan perdamaian



6. Mendiskusikan hakekat hidup damai dalam diri,keluarga, lingkungan




7. Mengkritisi peran lembaga-lembaga yang mengusahakan perdamaian dan komisi rekonsiliasi

8.Mendaftar berbagai perilaku cinta damai

12


1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berkarya Dalam Kristus”
3. Komunitas Gereja
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
6. Demokrasi Pancasila
7. Gereja dan Masyarakat






Alat :
1.Kliping
2.Majalah
BIDANG STUDY KEAHLIAN:                                                                                        SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TEKNOLOGI DAN REKAYASA                                                                                                                                               Halaman 12 dari 12
     
     NAMA SEKOLAH                             : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN                         : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER                       : XI / 3
STANDAR KOMPETENSI                : Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan
                                                         bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE KOMPETENSI                       : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU                            : 9 X pertemuan  @ 4 x 45 menit

STANDAR KOMPETENS I / KODE
KELAS / SEMESTER
KOMPETENSI  DASAR
NILAI-NILAI KARAKTER
STRATEGI  INTEGRASI
1.3.Merespon nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta Perkembangan Ilmu pengetahuan danTeknologi ( IPTEK ) dan Menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari
N.1.B.PAK.003

XI / 3
2.1. Mengidentifikasi
kan dan mewujudkan nilai-nilai Kristiani
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN

● Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
KERJA  KERAS
RASA INGIN TAHU
MANDIRI

TANGGUNG JAWAB
JUJUR

KOMUNIKATIF

KREATIF

  Mendaftarkan Nilai dan Norma yang berlaku di Masyarakat
 Membuat kliping tentang Nilai dan Norma yang ada didalam masyarakat ( tentang aspek hukum,pendidikan,ekonomi,budaya)
● Menganalisis beberapa nilai Kristiani
● Mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan diri sendiri
●.Permainan mencari nama tokoh Alkitab dan menceritakan kisah hidup serta pelayanannya
●.Menuliskan keteladanan tokoh Alkitab
●.Menuliskan nama-nama Tokoh sejarah Gereja dan mengidentifikasi nilai-nilai Kristiani yang mereka anut







       PEMERINTAH KOTA BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax. (0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001 NIS: 403010


      NAMA SEKOLAH                            : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN                         : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER                       : XI / 4
STANDAR KOMPETENSI                : Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan
                                                         bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE KOMPETENSI                       : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU                            : 9 X pertemuan  @ 4 x 45 menit

STANDAR KOMPETENS I / KODE
KELAS / SEMESTER
KOMPETENSI  DASAR
NILAI-NILAI KARAKTER
STRATEGI  INTEGRASI
1.3.Merespon nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta Perkembangan Ilmu pengetahuan danTeknologi ( IPTEK ) dan Menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari
N.1.B.PAK.003

XI / 4
2.4. Mewujudkan Nilai-nilai Kristiani didalam menghadapi gaya hidup modern
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN

● Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
KERJA  KERAS
RASA INGIN TAHU
MANDIRI
TANGGUNG JAWAB
JUJUR
KOMUNIKATIF
KREATIF

● Membuat kliping atau kolase mengenai hidup modern
● Mendiskusikan Firman Tuhan dari Yoh 15;1-8
●Mendiskusikan dampak negatif dan positif gaya hidup modern

● Mendiskusikan gaya hidup yang bersaksi: sebagai garam dan terang dunia,kawan sekerja Allah, surat Kristus



1.3.Merespon nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta Perkembangan Ilmu pengetahuan danTeknologi ( IPTEK ) dan Menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari
N.1.B.PAK.003

XI / 4
2.5. Memahami dan bersikap kritis terhadap perkembangan budaya serta ilmu pengetahuan dan teknologi
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN

● Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
KERJA  KERAS
RASA INGIN TAHU
MANDIRI
TANGGUNG JAWAB

●. Mendiskusikan cara meningkatkan semangat belajar dan dampak positif serta negatif dari pengembangan budaya
●Mewawancarai orangtua tentang satu topik atau bentuk kebudayaan yang hidup dan berkembang dimasyarakat

JUJUR
KOMUNIKATIF
KERJA  KERAS

●Mendaftarkan perikop dan atau tokoh Alkitab yang menceritakan tentang penyalahgunaan kebudayaan
●Menjelaskan pengaruh IPTEK bagi manusia

KREATIF
TANGGUNG JAWAB
KOMUNIKATIF
●Menganalisis perkembangan IPTEK
●Membuat laporan tentang pemanfaatan IPTEK















PEMERINTAH KOTA BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax. (0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001 NIS: 403010


      NAMA SEKOLAH                            : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN                         : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER                       : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI                : Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan
                                                         bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE KOMPETENSI                       : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU                            : 9 X pertemuan  @ 4 x 45 menit

STANDAR KOMPETENS I / KODE
KELAS / SEMESTER
KOMPETENSI  DASAR
NILAI-NILAI KARAKTER
STRATEGI  INTEGRASI
1.3.  Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
: N.1.B.PAK.003

XII / 5
2.6. Mewujudkan Nilai-nilai Kristiani didalam menghadapi gaya hidup modern
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN

● Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
KERJA  KERAS
RASA INGIN TAHU
MANDIRI
TANGGUNG JAWAB
JUJUR
KOMUNIKATIF
KREATIF

● Menemukan arti dan tugas gereja sebagai lembaga sosial dan persekutuan

● Mendiskusikan ciri-ciri dan sifat gereja

● Mendiskusikan tugas dan panggilan sebagai warga gereja

●.Menuliskan profil kehidupan tokoh gereja dalam Alkitab

● Mengkritisi perkembangan gereja



1.4.  Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
: N.1.B.PAK.003

XII / 5
2.7. Mewujudkan Nilai-nilai Kristiani didalam menghadapi gaya hidup modern
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN

● Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
KERJA  KERAS
KOMUNIKATIF
 MANDIRI
TANGGUNG JAWAB
JUJUR
KOMUNIKATIF
KREATIF


●Menuliskan hasil analisis kehidupan beragama dalam bentuk laporan

●Menelaah ajaran-ajaran Alkitab mengenai cinta damai




















PEMERINTAH KOTA BLITAR
DINAS PENDIDIKAN DAERAH
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax. (0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001 NIS: 403010


     NAMA SEKOLAH                                               : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN                                          : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER                                        : XII / 6
STANDAR KOMPETENSI                                : Bertangggung jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga gereja dalam mewujudkan nilai-
                                                                            nilai Demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar baik dan damai sejahtera
KODE KOMPETENSI                                       : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU                                             : 7 x Pertemuan @ 4 x 45 menit
STANDAR KOMPETENS I / KODE
KELAS / SEMESTER
KOMPETENSI  DASAR
NILAI-NILAI KARAKTER
STRATEGI  INTEGRASI
1.3. Bertangggung jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga gereja dalam mewujudkan nilai-Nilai Demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar baik dan damai sejahtera

XII / 6
2.8. Mewujudkan Nilai-nilai Kristiani didalam menghadapi gaya hidup modern
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN


● Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas

KERJA  KERAS
RASA INGIN TAHU
MANDIRI
● Mengumpulkan dan menanggapi berita-berita dan gambar mengenai masyarakat yang tertindas

KERJA  KERAS
TANGGUNG JAWAB
JUJUR

● Mendiskusikan hubungan antara HAK dan Kewjiban setiap orang
MANDIRI
KERJA  KERAS
TANGGUNG JAWAB


● Mengumpulkan berita-berita dari media massa mengenai cinta damai
TANGGUNG JAWAB
KERJA SAMA
KOMUNIKATIF
KREATIF


●. Merancang dan melakukan aksi sosial



1.4. Bertangggung jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga gereja dalam mewujudkan nilai-Nilai Demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar baik dan damai sejahtera

XII / 6
2.9. Mewujudkan Nilai-nilai Kristiani didalam menghadapi gaya hidup modern
RELIGIUS
● Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
DISIPLIN
● Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa peralatan belajar dengan lengkap

PEDULI  LINGKUNGAN

● Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
RASA INGIN TAHU
MANDIRI
TANGGUNG JAWAB
JUJUR
● Menelaah ayat Alkitab yang berhubungan dengan perdamaian



RASA INGIN TAHU
TANGGUNG JAWAB
JUJUR



● Mendiskusikan hakekat hidup damai dalam diri,keluarga, lingkungan


JUJUR
KOMUNIKATIF
KREATIF



●.Mengkritisi peran lembaga-lembaga yang mengusahakan perdamaian dan komisi rekonsiliasi


KOMUNIKATIF
KREATIF


●.Mendaftar berbagai perilaku cinta damai











0 comments:

Post a Comment