UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI
1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax. (0342)
801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001 NIS:
403010
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Mewujudkan
nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan
menunjukkan
bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai
pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE KOMPETENSI : N.1.B.PAK.001
ALOKASI WAKTU : 9 X pertemuan @ 4 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1. Mengalami
proses pertumbuhan sebagai pribadi
yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir yang
komprehensif dalam segala aspek
|
♣
Ciri-ciri manusia yang bertumbuh
sebagai pribadi yang dewasa disebutkan dengan benar
♣
Potensi dan Kelemahan diri disebutkan
dan dideskripsikan melalui pikiran, perkataan, dan perbuatan
♣
Pola pikir yang komprehensif dimiliki oleh siswa
|
1. Bertumbuh Menjadi Dewasa
2. Takut akan Tuhan
3. Karakter Remaja Kristen
4. Membangun Jati Diri
5. Berpikir Positif
6. Berpikir Kreatif dan Kritis
7.
Menghadapi tantangan
|
1. Mengisi lembar pengenalan diri dan
skala sikap untuk memahami sejauh mana siswa telah bertumbuh dewasa menurut
enam aspek perkembangan yang ada pada manusia
2. Mendeskripsikan dan mendiskusikan
pengertian “takut akan Tuhan” (membuat kliping mengenai kasus “takut pada
teman lebih tinggi dari pada takut akan Tuhan”
3. Mendiskusikan Firman Tuhan dari
Hakim-hakim 11:1-11, 2 Tawarikh 24; 1 Raja-raja 21; Ester 4 dan Daniel 3
4.Mengklasifikasikan potensi dan
kelemahan diri melalui pikiran dan perbuatan
5. Mendiskusikan makna berpikir
positif,kreatif dan proaktif
6. Mempresentasikan dan
mendiskusikan hasil berpikir kreatif dan tiga kisah dalam buku siswa
7. Mendiskusikan 3 jenis pencobaan
yang dialami oleh Tuhan Yesus
|
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
|
22
|
|
|
1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Bertumbuh Dalam
Kristus”
3. Dewasa dalam Kristus
4. Psikologi Perkembangan Anak dan
Remaja
5. Etika Kristen
Alat :
1. Kliping
2. Photo diri dan Keluarga
3. Gelas
4. Air
5. Botol Aqua
|
1.2. Mengidentifikasi
berbagai pergumulan dalam keluarga dalam kaitannya dengan pengaruh
modernisasi
|
♣Pengaruh
modernisasi terhadap kelangsungan hidup keluarga diidentifikasi dengan baik
♣
Makna Keluarga yang bertumbuh dalam Kristus dianalisis dengan baik
|
8. Dasar Keluarga Kristen
9.
Cinta Kasih sebagai Pengikat Keluarga
10. Pengaruh Gaya Hidup terhadap Keluarga
|
8. Mendiskusikan keluarga tokoh
dalam Alkitab (Abraham, Daud, Imam Eli)
9. Mempelajari pernyataan almarhum
M.A.W.Brouwer dan mendaftarkan hal yang bisa dikerjakan untuk mempererat
keluarga
10. Membuat kliping mengenai pengaruh gaya hidup modern terhadap
keluarga dan mendiskusikannya
|
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
|
14
|
|
|
1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Bertumbuh Dalam
Kristus”
3. Psikologi Keluarga
4. Etika Kristen
5. Psikologi Anak dan Remaja
Alat:
1.Kliping.
|
BIDANG STUDY KEAHLIAN: SILABUS
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
TEKNOLOGI DAN REKAYASA Halaman 2 dari 12
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Mewujudkan
nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan
menunjukkan
bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai
pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE KOMPETENSI : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU :
9 X pertemuan @ 4 x 45 menit
STANDAR
KOMPETENS I / KODE
|
KELAS
/ SEMESTER
|
KOMPETENSI DASAR
|
NILAI-NILAI
KARAKTER
|
STRATEGI INTEGRASI
|
1.1. Mewujudkan
nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial
dengan menunjukkan remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak
kehilangan identitas
N.1.B.PAK.003
|
X
/ 1
|
1.1. Mengalami
proses pertumbuhan sebagai pribadi
yang dewasa dan memiliki karakter yang kokoh dengan pola pikir yang
komprehensif dalam segala aspek
|
RELIGIUS
|
● Sebelum
dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
● Datang
dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu
membawa peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
● Menjaga
kebersihan ruangan belajar / kelas
|
|||
KERJA KERAS
RASA
INGIN TAHU
MANDIRI
|
●Mendeskripsikan
dan mendiskusikan pengertian “takut akan Tuhan” (membuat kliping mengenai
kasus “takut pada teman lebih tinggi dari pada takut akan Tuhan
|
|||
TANGGUNG
JAWAB
JUJUR
|
●
Mengklasifikasikan potensi dan kelemahan diri melalui pikiran dan perbuatan
|
|||
KOMUNIKATIF
KREATIF
|
●
Mendiskusikan makna berpikir positif,kreatif dan
proaktif
●
Mempresentasikan dan mendiskusikan hasil berpikir
kreatif dan tiga kisah dalam
buku siswa
|
1.2. Mewujudkan
nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial
dengan menunjukkan remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak
kehilangan identitas
N.1.B.PAK.003
|
X
/ 1
|
1.2. Mengidentifikasi
berbagai pergumulan dalam keluarga dalam kaitannya dengan pengaruh
modernisasi
|
RELIGIUS
|
● Sebelum
dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
● Datang
dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa
peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
● Menjaga
kebersihan dan kerapian ruangan belajar / kelas
|
|||
KERJA KERAS
RASA
INGIN TAHU
JUJUR
TANGGUNG
JAWAB
KREATIF
MANDIRI
|
●
Mendiskusikan dan mencari tahu mengenai keluarga tokoh dalam Alkitab
(Abraham, Daud, Imam Eli)
●
Mempelajari pernyataan almarhum M.A.W.Brouwer dan mendaftarkan hal yang bisa
dikerjakan untuk mempererat keluarga
● Membuat kliping mengenai pengaruh gaya hidup modern terhadap
keluarga dan mendiskusikannya
|
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax.
(0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001
NIS: 403010
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Mewujudkan
nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan
menunjukkan
bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai
pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE KOMPETENSI : N.1.B.PAK.001
ALOKASI WAKTU : 9
x pertemuan @ 4 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.1. Mengidentifikasi
berbagai pergumulan dalam keluarga dalam kaitannya dengan pengaruh
modernisasi
|
♣
Keutuhan keluarga dijaga dengan penuh tanggungjawab
♣
Angggota Keluarga dikasihi dan dihormati sesuai ajaran Firman Tuhan
♣
Pengaruh modernisasi terhadap
kelangsungan hidup keluarga diidentifikasi dengan sebaik-baiknya
♣
Pentingnya peran keluarga dan Sekolah dalam mendidik anak dipahami dengan
benar
|
1. Tanggung jawab Orang tua terhadap
anak
2.
Tanggung jawab anak terhadap Orang tua
3.
Keluarga dan Sekolah sebagai Lembaga Pendidikan
|
1. Mendiskusikan topik “ anak yang
hilang” ( Lukas 15: 11-32).
2. Membuat kliping mengenai
kasus-kasus dalam keluarga.
3. Mendiskusikan kasus “Orang tua di
panti jompo”. 4. Mendeskripsikan tugas dan tanggungjawab anak terhadap orang
tua
5. Mendiskusikan manfaat bersekolah
dan kerugian tidak bersekolah
Mendaftarkan peran serta keluarga
dan sekolah dalam pendidikan
|
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
|
14
|
|
|
1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Bertumbuh Dalam
Kristus”
3. Psikologi Perkembangan Anak dan
Remaja
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
6. Tuhan Ajarlah aku
Alat :
1. Kliping
2. Foto diri dan Keluarga
3. Gelas
4. Air
5. Botol Aqua
|
2.2. Menjelaskan
Makna Kebersamaan dengan Orang lain tanpa Kehilangan Identitas
|
♣
Cara mewujudkan identitas sebagai
murid Kristus dijelaskan dengan benar sesuai dengan ajaran Tuhan Yesus
♣
Cara mewujudkan sikap menghargai Orang lain dijelaskan sesuai dengan Ajaran
Tuhan Yesus
♣
Rasa simpati dan empati ditunjukkan
terhadap orang lain
♣
Kehidupan sebagai Remaja Kristen dijalani secara benar dan suci dalam
persahabatan dan Pacaran
|
4.
Menjadi Murid Yesus Kristus
5. Menghargai Orang lain
6. Persahabatan
7. Pacaran
|
6. Mendeskripsikan mengenai
persamaan dan perbedaan antara menjadi murid sekolah dan menjadi murid Tuhan
Yesus
7. Memahami dan membedakan 3 jenis
jawaban terhadap panggilan Yesus untuk menjadi muridNya
8. Membaca,menanggapi Ibrani 10:24
9. Membuat skala penilaian
menghargai orang lain dan bukti-bukti pendukungnya
10. Mendiskusikan dan
mempresentasikan Amsal 1-2 dan Amsal 3
11. Memahami makna dan arti dari
persahabatan
12. Mendefinisikan etika pacaran dan
pacaran yang sehat
13. Mendiskusikan keuntungan dan
kerugian dari berpacaran
|
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
|
22
|
|
|
1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Bertumbuh Dalam
Kristus”
3. Psikologi Perkembangan Anak dan
Remaja
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
|
BIDANG STUDY KEAHLIAN: SILABUS
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
TEKNOLOGI DAN REKAYASA Halaman 4 dari 12
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Mewujudkan
nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan
menunjukkan
bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai
pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE KOMPETENSI : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU :
9 X pertemuan @ 4 x 45 menit
STANDAR
KOMPETENS I / KODE
|
KELAS
/ SEMESTER
|
KOMPETENSI DASAR
|
NILAI-NILAI
KARAKTER
|
STRATEGI INTEGRASI
|
1.1. Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam
pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan remaja
Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
N.1.B.PAK.003
|
X
/ 2
|
1.2. Mengidentifikasi
berbagai pergumulan dalam keluarga dalam kaitannya dengan pengaruh
modernisasi
|
RELIGIUS
|
●
Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
●
Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu
membawa peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
●
Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
|
|||
KERJA KERAS
RASA
INGIN TAHU
MANDIRI
TANGGUNG
JAWAB
JUJUR
KOMUNIKATIF
KREATIF
|
●Mendiskusikan
topik “ anak yang hilang” ( Lukas 15: 11-32)
.
●.
Membuat kliping mengenai kasus-kasus dalam keluarga.
●.
Mendiskusikan kasus “Orang tua di panti jompo”..
● Mendeskripsikan tugas dan tanggungjawab
anak terhadap orang tua
●.
Mendiskusikan manfaat bersekolah dan kerugian tidak bersekolah
●Mendaftarkan
peran serta keluarga dan sekolah dalam pendidikan
|
STANDAR
KOMPETENS I / KODE
|
KELAS
/ SEMESTER
|
KOMPETENSI DASAR
|
NILAI-NILAI
KARAKTER
|
STRATEGI INTEGRASI
|
1.1. Mewujudkan
nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial
dengan menunjukkan remaja Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak
kehilangan identitas
N.1.B.PAK.003
|
X
/ 2
|
1.3. Menjelaskan
Makna Kebersamaan dengan Orang lain tanpa Kehilangan Identitas
|
RELIGIUS
|
● Sebelum
dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
● Datang
dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu membawa
peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
● Menjaga
kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
|
|||
KERJA KERAS
RASA
INGIN TAHU
MANDIRI
|
●
Mendeskripsikan mengenai persamaan dan perbedaan antara menjadi murid sekolah
dan menjadi murid Tuhan Yesus
|
|||
TANGGUNG
JAWAB
JUJUR
KOMUNIKATIF
KREATIF
|
●
Memahami dan membedakan 3 jenis jawaban terhadap panggilan Yesus untuk
menjadi muridNya
●
Membaca,menanggapi Ibrani 10:24
●
Membuat skala penilaian menghargai orang lain dan bukti-bukti pendukungnya
●
Mendiskusikan dan mempresentasikan Amsal 1-2 dan Amsal 3
●
Memahami makna dan arti dari persahabatan
●
Mendefinisikan etika pacaran dan pacaran yang sehat
●
Mendiskusikan keuntungan dan kerugian dari berpacaran
|
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI
1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax.
(0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001
NIS: 403010
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : XI / 3
STANDAR KOMPETENSI : Merespon
nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta
Perkembangan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) dan
Menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidpan sehari-hari
KODE KOMPETENSI :
N.1.B.PAK.002
ALOKASI WAKTU :
7 x Pertemuan @ 4 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1. Mengidentifikasi
kan dan mewujudkan
nilai-nilai Kristiani
|
♣ Nilai-nilai Kristiani didalam
hidup sehari-hari diidentifikasi dengan jelas
♣ Norma-norma didalam masyarakat
dikritisi berdasarkan nilai-nilai Kristiani
|
1.Bersikap Kritis terhadap
Nilai-nilai Universal didalam
Masyarakat
2. Iman Kristen dan Nilai-Nilai
Kristiani
3.Bercermin Diri
4. Memilih yang benar: Belajar dari
Tokoh Alkitab
5. Memilih yang benar : Belajar dari
Sejarah Gereja
|
1. Mendaftarkan Nilai dan Norma yang
berlaku di Masyarakat
2. Membuat kliping tentang Nilai dan
Norma yang ada didalam masyarakat ( tentang aspek
hukum,pendidikan,ekonomi,budaya)
3. Menganalisis beberapa nilai
Kristiani
4. Mengidentifikasi kelemahan dan
kelebihan diri sendiri
5. Permainan mencari nama tokoh
Alkitab dan menceritakan kisah hidup serta pelayanannya
6. Menuliskan keteladanan tokoh
Alkitab
7. Menuliskan nama-nama Tokoh
sejarah Gereja dan mengidentifikasi nilai-nilai Kristiani yang mereka anut
|
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
|
16
|
|
|
1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berbuah Dalam
Kristus”
3. Iman dan Ilmu Pengetahuan
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
Alat :
1.Kliping
2.Majalah
|
1.2. Mewujudkan
nilai-nilai Kristiani didalam pergaulan antar pribadi dan sosial
|
♣ Nilai-nilai Kristiani digunakan
sebagai dasar pergaulan antar pribadi dan sosial
♣ Tantangan dan peluang dalam
mewujudkan nilai-nilai Kristiani pada pergaulan antar pribadi dan sosial
diidentifikasi dengan benar
|
6. Pergaulan Remaja Kristen
7. Nikmat Membawa Maut
8. Bersukarialah dalam Kemudaanmu
|
8. Mendiskusikan ilustrasi dalam
buku siswa
9. Menganalisis praktek pergaulan
“ngedugem,free sex”
10. Mendiskusikan Firman Tuhan dari
Yehezkiel 23:1-49
11. Membuat kliping mengenai bahaya
narkoba, rokok dan minuman keras
12. Mendata gaya hidup remaja masa
kini dan menuliskan dampak positif dan negatifnya
13. Menghafalkan firman Tuhan dari
Amsal 22;6, Amsal 22:15 dan 2 Timotius 2:22 dan mendiskusikannya
|
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
|
12
|
|
|
1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berbuah Dalam
Kristus”
3. Iman dan Ilmu Pengetahuan
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
Alat :
1.Kliping
2.Majalah
|
BIDANG STUDY KEAHLIAN: SILABUS
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TEKNOLOGI DAN REKAYASA Halaman
6 dari 12
1.3.Merespon
nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta
Perkembangan Ilmu pengetahuan danTeknologi ( IPTEK ) dan Menjelaskan cara
mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari
N.1.B.PAK.003
|
XI
/ 3
|
2.2. Mewujudkan
nilai-nilai Kristiani didalam pergaulan antar pribadi dan sosial
|
RELIGIUS
|
●
Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
●
Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu
membawa peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
●
Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
|
|||
KERJA KERAS
RASA
INGIN TAHU
MANDIRI
KREATIF
TANGGUNG
JAWAB
JUJUR
KOMUNIKATIF
|
●
Mendiskusikan ilustrasi dalam buku siswa
●
Menganalisis praktek pergaulan “ngedugem,free sex”
●
Mendiskusikan Firman Tuhan dari Yehezkiel 23:1-49
●
Membuat kliping mengenai bahaya narkoba, rokok dan minuman keras
●
Mendata gaya hidup remaja masa kini dan menuliskan dampak positif dan
negatifnya
●
Menghafalkan firman Tuhan dari Amsal 22;6, Amsal 22:15 dan 2 Timotius 2:22
dan mendiskusikannya
|
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI
1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax.
(0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001
NIS: 403010
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : XI / 4
STANDAR KOMPETENSI : Merespon
nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta
Perkembangan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) dan
Menjelaskan cara mewujudkannya dalam kehidpan sehari-hari
KODE KOMPETENSI :
N.1. B.PAK.002
ALOKASI WAKTU :
7 x Pertemuan @ 4 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
TM
|
PS
|
PI
|
|||||||
2.1. Mewujudkan Nilai-nilai
Kristiani didalam menghadapi gaya hidup modern
|
♣ Beberapa gaya hidup modern
diidentifikasi dengan baik
♣ Beberapa gaya hidup modern
dianalisis berdasarkan nilai-nilai Kristiani
♣ Sikap yang baik dan benar
diwujudkan didalam menghadapi gaya hidup modern
|
1. Gaya Hidup Modern
2.Pandangan iman Kristen terhadap
gaya hidup modern
3.Citra Pelajar Kristen
|
1. Membuat kliping atau kolase
mengenai hidup modern
2. Mendiskusikan Firman Tuhan dari
Yoh 15;1-8
3. Mendiskusikan dampak negatif dan
positif gaya hidup modern
4. Mendiskusikan gaya hidup yang
bersaksi: garam dan terang dunia,kawan sekerja Allah, surat Kristus
|
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
|
12
|
|
|
1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berbuah Dalam
Kristus”
3. Iman dan Ilmu Pengetahuan
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
Alat :
1.Kliping
2.Majalah
|
|
2.2.Memahami dan bersikap kritis
terhadap perkembangan budaya serta ilmu pengetahuan dan teknologi
|
♣ Motivasi belajar seumur hidup
ditingkatkan dengan cara mengembangkan diri melalui observasi dan
pengembangan budaya serta ilmu pengetahuan dan teknologi
♣Perkembangan budaya serta ilmu
pengetahuan dan teknologi yang merugikan manusia dan alam disaring dan
didentifikasi dengan jelas
|
4.Kebudayaan dan hubungannya dengan
iman Kristen
5.Pandangan Alkitab terhadap
kebudayaan
6.Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 1
7.Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 2
8.Ilmu Pengetahuan,teknologi dan
pengetahuan
|
5. Mendiskusikan cara meningkatkan
semangat belajar dan dampak positif serta negatif dari pengembangan budaya
6. Mewawancarai orangtua tentang
satu topik atau bentuk kebudayaan yang hidup dimasyarakat
7. Mendaftarkan perikop dan atau
tokoh Alkitab yang menceritakan tentang penyalahgunaan kebudayaan
8. Menjelaskan pengaruh IPTEK bagi
manusia
9. Menganalisis perkembangan IPTEK
10. Membuat laporan tentang
pemanfaatan IPTEK
|
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
|
16
|
|
|
1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berbuah Dalam
Kristus”
3. Iman dan Ilmu Pengetahuan
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
Alat :
1.Kliping
2.Majalah
|
|
BIDANG STUDY KEAHLIAN: SILABUS MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA KRISTENTEKNOLOGI DAN REKAYASA Halaman
8 dari 12
1.3.Merespon
nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta
Perkembangan Ilmu pengetahuan danTeknologi ( IPTEK ) dan Menjelaskan cara
mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari
N.1.B.PAK.003
|
XI
/ 4
|
2.3. Memahami
dan bersikap kritis terhadap perkembangan budaya serta ilmu pengetahuan dan
teknologi
|
RELIGIUS
|
●
Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
●
Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu
membawa peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
●
Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
|
|||
KERJA KERAS
RASA
INGIN TAHU
MANDIRI
TANGGUNG
JAWAB
|
●.
Mendiskusikan cara meningkatkan semangat belajar dan dampak positif serta
negatif dari pengembangan budaya
●Mewawancarai
orangtua tentang satu topik atau bentuk kebudayaan yang hidup dan berkembang dimasyarakat
|
|||
JUJUR
KOMUNIKATIF
KERJA KERAS
|
●Mendaftarkan
perikop dan atau tokoh Alkitab yang menceritakan tentang penyalahgunaan
kebudayaan
●Menjelaskan
pengaruh IPTEK bagi manusia
|
|||
KREATIF
TANGGUNG
JAWAB
KOMUNIKATIF
|
●Menganalisis
perkembangan IPTEK
●Membuat
laporan tentang pemanfaatan IPTEK
|
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax.
(0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001
NIS: 403010
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Bertangggung
jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga gereja dalam
mewujudkan nilai-
nilai Demokrasi dan HAM, khususnya dalam
tindakan sebagai pembawa kabar baik dan damai sejahtera
KODE KOMPETENSI :
N.1.B.PAK. 003
ALOKASI WAKTU :
8 x Pertemuan @ 4 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1. Menjelaskan
gereja dan perannya sebagai institusi sosial dan sebagai persekutuan orang
percaya ditengah-tengah tantangan kehidupan masa kini
|
♣ Peran gereja sebagai institusi
sosial dan sebagai persekutuan diindentifikasi dengan sebaik-baiknya
♣ Peran gereja sebagai institusi
sosial dan sebagai persekutuan dikritisi melalui tulisan, diskusi dan
analisis
♣ Tantangan yang dialami gereja masa
kini dianalisis dan masukan dalam
rangka pembaruan peran gereja diberikan sesuai Firman Tuhan
|
1. Gereja sebagai institusi sosial
dan persekutuan
2. Gereja diutus kedalam dunia
3. Bersikap kritis dalam gereja
4. Hubungan gereja dan negara
|
1.Menemukan arti dan tugas gereja
sebagai lembaga sosial dan persekutuan
2.Mendiskusikan ciri-ciri dan sifat
gereja
3. Mendiskusikan tugas dan panggilan
sebagai warga gereja
4. Menuliskan profil kehidupan tokoh
gereja dalam Alkitab
5. Mengkritisi perkembangan gereja
|
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
|
16
|
|
|
1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berkarya Dalam
Kristus”
3. Komunitas Gereja
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
Alat :
1.Kliping
2.Majalah
|
1.2. Bersikap
kritis terhadap peran agama dalam masyarakat
|
♣ Fungsi dan peran agama dalam
masyarakat dijelaskan dengan baik
♣ Peran agama yang konstruktif dan
destruktif dianalisis sebaik mungkin
|
5. Fungsi dan peran Agama dalam
masyarakat
6. Simbolisme dan pluralisme dalam
Agama
|
6. Menuliskan hasil analisis
kehidupan beragama dalam bentuk laporan
7. Menelaah ajaran-ajaran Alkitab
mengenai cinta damai
|
|
16
|
|
|
1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berkarya Dalam
Kristus”
3. Komunitas Gereja
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
6. Hidup bersama dibumi Pancasila
Alat :
1.Kliping
2.Majalah
|
BIDANG STUDY KEAHLIAN: SILABUS
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
TEKNOLOGI DAN REKAYASA Halaman 10 dari 12
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax.
(0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001
NIS: 403010
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : XII / 6
STANDAR KOMPETENSI : Bertangggung
jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga gereja dalam
mewujudkan nilai-
nilai Demokrasi dan HAM, khususnya dalam
tindakan sebagai pembawa kabar baik dan damai sejahtera
KODE KOMPETENSI : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU :
7 x Pertemuan @ 4 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.1.Bersikap kritis terhadap
nilai-nilai demokrasi dan HAM dalam hidupnya
|
♣ Pentingnya penerapan nilai-nilai
demokrasi dan HAM dalam masyarakat dan bangsa Indonesia dijelaskan secara
benar
♣Cara mewujudkan kehidupan yang
berkeadilan,berani berkata benar dan membela kebenaran didiskusikan bersama
♣ Cara yang tepat untuk bersikap
kritis terhadap persoalan dalam masyarakat didiskusikan bersama
♣ Program atau aksi bersama untuk
demokrasi dan HAM dilakukan bersama
|
1.HAM menurut iman Kristen
2.Demokrasi menurut iman Kristen
|
1.Mengumpulkan dan menanggapi
berita-berita dan gambar mengenai masyarakat yang tertindas
2.Mendiskusikan hubungan antara HAK
dan Kewjiban setiap orang
3. Mengumpulkan berita-berita dari
media massa mengenai cinta damai
4. Merancang dan melakukan aksi
sosial
|
1. Performance
2. Tugas
3. Porto folio
4. Tes tertulis
5. Sikap
|
16
|
|
|
1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berkarya Dalam
Kristus”
3. Komunitas Gereja
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
6. Demokrasi Pancasila
7. Iman Kristen dan Pancasila
Alat :
1.Kliping
2.Majalah
|
2.2.Mewujudkan perannya sebagai
pembawa kabar baik dan damai sejahtera secara pribadi dan komunitas
|
♣ Bagian-bagian tertentu dalam
Alkitab tentang perdamaian dan kewajiban untuk memberitakannya diteliti
dengan cermat
♣ Pentingnya pengembangan prinsif
hidup dalam damai sejahtera sebagai pribadi dan komunitas dijelaskan dengan
baik
♣ Pemberita kabar baik dan pembawa
damai sejahtera diekspresikan melalui diri sendiri
♣ Peran sebagai pembawa damai
dilingkungan diekspresikan dengan baik dalam hidup sehari-hari
|
1.Allah sumber damai sejahtera
2.Hidup damai dengan semua orang
3. Kamu adalah garam dan terang
dunia
|
5. Menelaah ayat Alkitab yang berhubungan
dengan perdamaian
6. Mendiskusikan hakekat hidup damai
dalam diri,keluarga, lingkungan
7. Mengkritisi peran lembaga-lembaga
yang mengusahakan perdamaian dan komisi rekonsiliasi
8.Mendaftar berbagai perilaku cinta
damai
|
|
12
|
|
|
1. Alkitab
2. Suluh Siswa “ Berkarya Dalam
Kristus”
3. Komunitas Gereja
4. Etika Kristen
5. Dewasa dalam Kristus
6. Demokrasi Pancasila
7. Gereja dan Masyarakat
Alat :
1.Kliping
2.Majalah
|
BIDANG STUDY KEAHLIAN: SILABUS
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN TEKNOLOGI DAN REKAYASA Halaman
12 dari 12
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : XI / 3
STANDAR KOMPETENSI : Mewujudkan
nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan
menunjukkan
bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai
pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE KOMPETENSI : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU :
9 X pertemuan @ 4 x 45 menit
STANDAR
KOMPETENS I / KODE
|
KELAS
/ SEMESTER
|
KOMPETENSI DASAR
|
NILAI-NILAI
KARAKTER
|
STRATEGI INTEGRASI
|
1.3.Merespon
nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta
Perkembangan Ilmu pengetahuan danTeknologi ( IPTEK ) dan Menjelaskan cara
mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari
N.1.B.PAK.003
|
XI
/ 3
|
2.1. Mengidentifikasi
kan dan mewujudkan nilai-nilai
Kristiani
|
RELIGIUS
|
●
Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
●
Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu
membawa peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
●
Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
|
|||
KERJA KERAS
RASA
INGIN TAHU
MANDIRI
TANGGUNG
JAWAB
JUJUR
KOMUNIKATIF
KREATIF
|
● Mendaftarkan Nilai dan Norma yang berlaku
di Masyarakat
●
Membuat kliping tentang Nilai dan
Norma yang ada didalam masyarakat ( tentang aspek
hukum,pendidikan,ekonomi,budaya)
●
Menganalisis beberapa nilai Kristiani
●
Mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan diri sendiri
●.Permainan
mencari nama tokoh Alkitab dan menceritakan kisah hidup serta pelayanannya
●.Menuliskan
keteladanan tokoh Alkitab
●.Menuliskan
nama-nama Tokoh sejarah Gereja dan mengidentifikasi nilai-nilai Kristiani
yang mereka anut
|
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax.
(0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001
NIS: 403010
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : XI / 4
STANDAR KOMPETENSI : Mewujudkan
nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan
menunjukkan
bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai
pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE KOMPETENSI : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU :
9 X pertemuan @ 4 x 45 menit
STANDAR
KOMPETENS I / KODE
|
KELAS
/ SEMESTER
|
KOMPETENSI DASAR
|
NILAI-NILAI
KARAKTER
|
STRATEGI INTEGRASI
|
1.3.Merespon
nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta
Perkembangan Ilmu pengetahuan danTeknologi ( IPTEK ) dan Menjelaskan cara
mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari
N.1.B.PAK.003
|
XI
/ 4
|
2.4. Mewujudkan
Nilai-nilai Kristiani didalam menghadapi gaya hidup modern
|
RELIGIUS
|
●
Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
●
Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu
membawa peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
●
Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
|
|||
KERJA KERAS
RASA
INGIN TAHU
MANDIRI
TANGGUNG
JAWAB
JUJUR
KOMUNIKATIF
KREATIF
|
●
Membuat kliping atau kolase mengenai hidup modern
●
Mendiskusikan Firman Tuhan dari Yoh 15;1-8
●Mendiskusikan
dampak negatif dan positif gaya hidup modern
●
Mendiskusikan gaya hidup yang bersaksi: sebagai garam dan terang dunia,kawan
sekerja Allah, surat Kristus
|
1.3.Merespon
nilai-nilai Kristiani yang diperhadapkan dengan gaya hidup modern serta
Perkembangan Ilmu pengetahuan danTeknologi ( IPTEK ) dan Menjelaskan cara
mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari
N.1.B.PAK.003
|
XI
/ 4
|
2.5. Memahami
dan bersikap kritis terhadap perkembangan budaya serta ilmu pengetahuan dan
teknologi
|
RELIGIUS
|
●
Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
●
Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu
membawa peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
●
Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
|
|||
KERJA KERAS
RASA
INGIN TAHU
MANDIRI
TANGGUNG
JAWAB
|
●.
Mendiskusikan cara meningkatkan semangat belajar dan dampak positif serta
negatif dari pengembangan budaya
●Mewawancarai
orangtua tentang satu topik atau bentuk kebudayaan yang hidup dan berkembang dimasyarakat
|
|||
JUJUR
KOMUNIKATIF
KERJA KERAS
|
●Mendaftarkan
perikop dan atau tokoh Alkitab yang menceritakan tentang penyalahgunaan
kebudayaan
●Menjelaskan
pengaruh IPTEK bagi manusia
|
|||
KREATIF
TANGGUNG
JAWAB
KOMUNIKATIF
|
●Menganalisis
perkembangan IPTEK
●Membuat
laporan tentang pemanfaatan IPTEK
|
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax.
(0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001
NIS: 403010
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : XII / 5
STANDAR KOMPETENSI : Mewujudkan
nilai-nilai Kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan
menunjukkan
bahwa Remaja Kristen bertumbuh sebagai
pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
KODE KOMPETENSI : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU :
9 X pertemuan @ 4 x 45 menit
STANDAR
KOMPETENS I / KODE
|
KELAS
/ SEMESTER
|
KOMPETENSI DASAR
|
NILAI-NILAI
KARAKTER
|
STRATEGI INTEGRASI
|
1.3. Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam
pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan bahwa Remaja
Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
: N.1.B.PAK.003
|
XII
/ 5
|
2.6. Mewujudkan
Nilai-nilai Kristiani didalam menghadapi gaya hidup modern
|
RELIGIUS
|
●
Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
●
Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu
membawa peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
●
Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
|
|||
KERJA KERAS
RASA
INGIN TAHU
MANDIRI
TANGGUNG
JAWAB
JUJUR
KOMUNIKATIF
KREATIF
|
●
Menemukan arti dan tugas gereja sebagai lembaga sosial dan persekutuan
●
Mendiskusikan ciri-ciri dan sifat gereja
●
Mendiskusikan tugas dan panggilan sebagai warga gereja
●.Menuliskan
profil kehidupan tokoh gereja dalam Alkitab
●
Mengkritisi perkembangan gereja
|
1.4. Mewujudkan nilai-nilai Kristiani dalam
pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial dengan menunjukkan bahwa Remaja
Kristen bertumbuh sebagai pribadi dewasa yang tidak kehilangan identitas
: N.1.B.PAK.003
|
XII
/ 5
|
2.7. Mewujudkan
Nilai-nilai Kristiani didalam menghadapi gaya hidup modern
|
RELIGIUS
|
●
Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
●
Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu
membawa peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
●
Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
|
|||
KERJA KERAS
KOMUNIKATIF
MANDIRI
TANGGUNG
JAWAB
JUJUR
KOMUNIKATIF
KREATIF
|
●Menuliskan
hasil analisis kehidupan beragama dalam bentuk laporan
●Menelaah
ajaran-ajaran Alkitab mengenai cinta damai
|
UPTD SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
NEGERI 1 BLITAR
Jl. Kenari 30 Telp./Fax.
(0342) 801947 Blitar 66134
NSS: 32.1.05.65.03.001 NIS:
403010
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA
PELAJARAN : PENDIDIKAN
AGAMA KRISTEN
KELAS / SEMESTER : XII / 6
STANDAR
KOMPETENSI : Bertangggung
jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga gereja dalam
mewujudkan nilai-
nilai Demokrasi dan HAM, khususnya dalam
tindakan sebagai pembawa kabar baik dan damai sejahtera
KODE KOMPETENSI : N.1.B.PAK.003
ALOKASI WAKTU : 7 x Pertemuan @ 4 x 45 menit
STANDAR
KOMPETENS I / KODE
|
KELAS
/ SEMESTER
|
KOMPETENSI DASAR
|
NILAI-NILAI
KARAKTER
|
STRATEGI INTEGRASI
|
1.3. Bertangggung
jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga gereja dalam
mewujudkan nilai-Nilai Demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai
pembawa kabar baik dan damai sejahtera
|
XII
/ 6
|
2.8. Mewujudkan
Nilai-nilai Kristiani didalam menghadapi gaya hidup modern
|
RELIGIUS
|
●
Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
●
Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu
membawa peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
●
Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
|
|||
KERJA KERAS
RASA
INGIN TAHU
MANDIRI
|
●
Mengumpulkan dan menanggapi berita-berita dan gambar mengenai masyarakat yang
tertindas
|
|||
KERJA KERAS
TANGGUNG
JAWAB
JUJUR
|
●
Mendiskusikan hubungan antara HAK dan Kewjiban setiap orang
|
|||
MANDIRI
KERJA KERAS
TANGGUNG
JAWAB
|
●
Mengumpulkan berita-berita dari media massa mengenai cinta damai
|
|||
TANGGUNG
JAWAB
KERJA
SAMA
KOMUNIKATIF
KREATIF
|
●.
Merancang dan melakukan aksi sosial
|
1.4. Bertangggung
jawab sebagai orang Kristen dalam perannya sebagai warga gereja dalam mewujudkan
nilai-Nilai Demokrasi dan HAM, khususnya dalam tindakan sebagai pembawa kabar
baik dan damai sejahtera
|
XII
/ 6
|
2.9. Mewujudkan
Nilai-nilai Kristiani didalam menghadapi gaya hidup modern
|
RELIGIUS
|
●
Sebelum dan sesudah pembelajaran melaksanakan do’a
|
DISIPLIN
|
●
Datang dan pulang tepat waktu serta tidak membuat onar dalam kelas dan selalu
membawa peralatan belajar dengan lengkap
|
|||
PEDULI LINGKUNGAN
|
●
Menjaga kebersihan & kerapihan ruangan belajar / kelas
|
|||
RASA
INGIN TAHU
MANDIRI
TANGGUNG
JAWAB
JUJUR
|
●
Menelaah ayat Alkitab yang berhubungan dengan perdamaian
|
|||
RASA
INGIN TAHU
TANGGUNG
JAWAB
JUJUR
|
●
Mendiskusikan hakekat hidup damai dalam diri,keluarga, lingkungan
|
|||
JUJUR
KOMUNIKATIF
KREATIF
|
●.Mengkritisi
peran lembaga-lembaga yang mengusahakan perdamaian dan komisi rekonsiliasi
|
|||
KOMUNIKATIF
KREATIF
|
●.Mendaftar
berbagai perilaku cinta damai
|
0 comments:
Post a Comment