NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER : X / 1
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1. Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh
informasi gejala alam biotik
|
- Langkah-langkah metode ilmiah diijelaskan dan masing-masing diberikan contohnya
- Gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar
diidentifikasi secara cermat dan masalah
yang ditemukan dirumuskan dengan jelas.
- Hipotesis disusun sebagai solusi terhadap masalah yang telah dirumuskan. Rumusan hipotesis memperlihatkan hubungan
antar variabel.
- Rencana penelitian disusun dengan varibel-variabel
(manipulasi, respon, dan kontrol) yang akan diukur, prosedur, cara
pengumpulan data dan mengolah data diuraikan dengan jelas.
- Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur
dengan teliti/akurat, diolah serta simpulan yang dibuat sesuai dengan data.
- Laporan penelitian ditulis, dikomunikasikan dan
hasilnya dipertahankan dengan argumentasi yang sesuai.
- Laporan penelitian ditulis berdasarkan aturan baku
penulisan ilmiah
|
- Metode ilmiah
- Perumusan masalah
- Perumusan hipotesis
- Perancangan penelitian
- Pelaksanaan penelitian
- Pelaporan penelitian
|
- Mendiskusikan metode ilmiah, diidentifikasi
langkah-langkah ilmiah dan contohnya
- Melakukan pengamatan gejala alam biotik di lingkungan
sekitar (perilaku maupun keadaan hewan, tumbuhan, dan mikroorgamisme baik
pada individu maupun dampak dari perilaku individu itu. Misalnya, luruhnya
bunga sebelum waktunya pada tanaman tertentu, hilangnya populasi katak di
suatu kawasan, dsb).
- Diskusi kelompok untuk: merumuskan masalah dari temuan
gejala alam biotik di lingkungan sekitar sebagai isyu yang perlu dibahas
selanjutnya; melengkapi informasi, baik dengan melakukan penga-matan yang
lebih cermat di lokasi sesuai dengan masalah yang dirumuskan, ataupun studi
pustaka di perpustakaan/ intenet; Informasi itu selanjutnya digunakan untuk
membuat hipotesis; menyusun rencana penelitian.
- Melakukan penelitian sesuai dengan rencana yang
disusun.
- Mengkomunikasikan hasil penelitian.
|
- Observasi kinerja
- Produk
- Tes tertulis
|
26
|
- Lingkungan
- Buku sumber
IPA SMK X ERLANGGA
|
||
1.2. Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh
informasi gejala alam abiotik
|
- Gejala alam yang terjadi dilingkungan sekitar diidentifikasi dengan benar.
(contoh: peristiwa siang & malam, pelangi, tsunami, gempa, bencana, dll)
- Faktor-faktor terjadinya gempa dijelaskan dengan benar.
- Faktor-aktor terjadinya bencana alam tsunami dijelaskan
dengan benar.
- Pengetahuan tentang antisipasi akibat dari bencana alam diidentifikasi dengan benar.
- Jenis-jenis erupsi gunung berapi, bentuk-bentuk gunung
api, manfaat dan kerugian gunung berapi diidentifikasi dengan benar.
- Proses erjadinya hujan dan jenis hujan serta banjir
diidentifikasi dengan benar.
- Proses erjadinya petir diidentifikasi dengan benar
- Faktor-faktor terjadinya tanah longsor diidentifikasi
dengan benar
|
- Rotasi bumi dan peristiwa siang dan malam
- Gempa bumi
sebagai bentuk gejala alam
- Tsunami sebagai bentuk gejala alam
- Erupsi gunung berapi sebagai bentuk gejala alam
- Manfaat dan kerugian gunung berapi.
- Proses terjadinya hujan dan nenis hujan serta banjir
- Proses terjadinya petir
- Antisipasi bencana alam
|
- Melakukan diskusi untuk membahas proses-proses fisika
yang terjadi dalam peristiwa rotasi bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
- Membaca literatur
dan sumber belajar (misalnya koran) tentang peristiwa gempa bumi.
- Melakukan Kunjungan/ observasi ke BMG
- Melakukan diskusi tentang faktor-faktor yang
menyebabkan terjadinya gempa bumi.
- Melihat tayangan dan membaca literatur (misalnya koran)
tentang peristiwa tsunami.
- Melakukan diskusi tentang faktor-faktor yang
menyebabkan terjadinya tsunami.
- Membuat daftar langkah penyelamatan yang harus
dilakukan apa bila pada saat terjadinya bencana gempa dan tsunami.
- Melakukan simulasi penyelamatan saat terjadinya gempa
dan tsunami.
- Melakukan diskusi tentang jenis-jenis erupsi gunung
berapi, bentuk-bentuk gunung api, manfaat dan kerugian gunung berapi.
- Melakukan diskusi tentang proses terjadinya hujan,
jenis hujan srta banjir
- Membuat langkah-langkah penyelamatan bila terjadi banjir dan tanah
longsor
|
- Observasi/ pengamatan
- Tugas kelompok
- Tes tulis
|
24
|
- Lingkungan
- Media cetak dan elektronik
- BUKU SUMBER
IPA SMK X ERLANGGA
|
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER : X / 2
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
2.1. Mengidentifikasi jenis limbah
|
- Pengertian
limbah sebagai buangan hasil akibat aktivitas manusia yang akan mengganggu
kesetimbangan alam jika jumlahnya melebihi nilai ambang batas
diseskripsikan
dengan benar.
- Macam-macam
limbah diidentifikasi berdasarkan sumber yang ada di lingkungan.
- Pengelompokan
limbah berdasarkan jenis senyawa dan wujudnya dilakukan dengan benar.
- Jenis
limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan daur ulang didata
dan dipilah dengan benar.
|
- Limbah dan
Jenisnnya
|
- Diskusi
dan informasi tentang pengertian limbah di lingkungan
- Mengelompokkan
limbah organik dan anorganik
berdasarkan jenis senyawanya, wujud,
dan sumbernya.
- Mendata
dan memilah jenis limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan dengan
daur ulang.
- Diskusi
tentang hasil kegiatan.
|
- Penilaian
proses
- Tes tulis
|
16
|
-
Lingkungan
Kerja
- BUKU
SUMBER
IPA SMK XII
ERLANGGA
|
||
2.2. Mengidentifikasi
jenis polusi pada lingkungan kerja
|
- Jenis-jenis polusi dan polutan didentifikasi
berdasarkan keberadaan dan jenis lingkungan kerja.
- Pengelompokan
polutan berdasarkan jenis senyawa, wujud, dan sifatnya dilakukan dengan
benar.
- Jenis
polutan di lingkungan kerja yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang dan
dengan daur ulang didata dengan benar.
|
- Polusi di
Lingkungan
Kerja
|
- Membuat
artikel tentang jenis polusi, jenis polutan di lingkungan kerja berdasarkan
hasil pengamatan lingkungan kerja.
- Diskusi
dan informasi tentang jenis-jenis polutan yang terdapat di udara, air, dan
tanah pada lingkungan kerja.
|
- Tes
tertulis.
- Tugas
|
20
|
- Lingkungan
Kerja
- BUKU
SUMBER
IPA SMK XII
ERLANGGA
|
||
2.3. Mendeskripsikan dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
|
- Pengaruh dampak polusi terhadap penurunan
kualitas hidup manusia dideskripsikan dengan benar.
- Dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan
lingkungannya dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada di lingkungan.
|
- Dampak Polusi
Terhadap
Kesehatan Manusia
dan Lingkungan
|
- Membuat
artikel tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
melalui pengkajian literatur.
- Diskusi
dan informasi tentang dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan
lingkungan.
|
-
Tugas
-
Tes tulis
|
16
|
-
Lingkungan
Kerja
- BUKU
SUMBER
IPA SMK XII
ERLANGGA
|
||
2.4. Mendeskripsikan cara-cara menangani limbah
|
-
Pemilihan metode penanganan limbah sesuai dengan sifat
dan wujud limbahnya dilakukan dengan benar.
-
Pembuatan kompos dari limbah padat industri berbahan
baku / pasar/ rumah tangga dilakukan dengan baik.
-
Pedaurulangan kertas dilakukan dengan baik.
-
Pembuatan model penanganan limbah berdasarkan hasil
studi di lingkungan kerja dilakukan dengan baik.
|
- Cara-Cara
Penanganan
Limbah
|
-
Membuat artikel tentang cara penanganan limbah melalui
pengkajian literatur dan kunjungan ke industri yang memiliki instalasi
pengolahan limbah.
-
Melakukan studi literatur untuk mencari cara membuat
kompos dan kertas daur ulang.
-
Praktik membuat kompos dari limbah alami.
-
Praktik membuat kertas daur ulang.
-
Membuat model penanganan limbah berdasarkan hasil studi
di industri.
-
Diskusi dan informasi tentang penanganan limbah,
pembuatan kompos, pembuatan kertas daur ulang, dan model penenganan limbah
|
-
Tugas
-
Penilaian proses.
-
Tes tulis
|
12
|
18
(72)
|
-
Lingkungan
Kerja
- BUKU
SUMBER
IPA SMK XII
ERLANGGA
|
NAMA SEKOLAH :
SMK NEGERI 1 BLITAR
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER : XII / 1 dan
XII / 2
STANDAR
KOMPETENSI : Memahami komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga
keseimbangan lingkungan dan Amdal
KODE
KOMPETENSI : A.3.
IPA.003
ALOKASI
WAKTU : 60 X 45
menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
3.1. Mengidentifikasi komponen ekosistem
|
-
Komponen-komponen ekosistem diidentifikasi berdasarkan lingkungan
sekitar
-
Komponen biotik dan abiotik diidentifikasi berdasarkan
fungsinya.
-
Jaring-jaring makanan dalam ekosistem diidentifikasi
berdasarkan rantai makanan
-
Mengatasi masalah lingkungan dengan menggunakan konsep
rantai maka nan
-
Interaksi antar komponen biotik dalam bentuk
mutualisme, komensalisme, dan parasitisme diidentifikasi melalui kegiatan
penelitian di lapangan.
-
Peran komponen biotik dan abiotik dijelaskan berdasarkan data hasil praktikum.
|
-
Komponen-Komponen Ekosistem
-
Interaksi komponen-komponen ekosistem
-
Jaring-Jaring Makanan dan Rantai-rantai makanan
-
Bentuk interaksi antar komponen biotik
-
Peran komponen biotik dan abiotik dalam kehidupan
|
-
Mengamati lingkungan sekolah secara berkelompok.
-
Mencatat makhluk hidup dan tak hidup yang ada di
lingkungan sekolah.
-
Mengelompokkan makhluk hidup dan tak hidup dari hasil
pengamatan.
-
Diskusi dan tanya jawab tentang pengertian lingkungan
dan komponen penyusunnya.
-
Menunjukkan komponen lingkungan biotik dan abiotik
dari hasil pengamatan kelompok.
-
Mendefinisikan pengertian komponen biotik dan abiotik
serta menyebutkan contohnya.
-
Melakukan kajian pustaka untuk membedakan istilah-istilah habitat, populasi, komunitas, ekosistem, biosfer.
-
Mengidentifikasi hubungan proses makan dan dimakan
dalam rantai makanan dan jaring-jaring makanan dengan
menggunakan gambar.
-
Disajikan suatu kasus misalnya mewabahnya hama tikus. Menganalisis bagaimana
pemecahan masalah tersebut dengan
menggunakan konsep rantai makanan.
-
Diskusi dan tanya jawab tentang fungsi, dan interaksi antar komponen biotik.
-
Membandingkan Interaksi antar komponen biotik dalam
bentuk mutualisme, komensalisme, dan parasitisme dengan kegiatan penelitian
di lapangan, atau berdasarkan studi literatur.
-
Melakukan praktikum tentang peran komponen biotik dan abiotik dalam kehidupan, misalkan
praktikum pengaruh intensitas cahaya terhadap pertumbuhan biji kacang merah.
-
Mengaplikasikan pemahaman tentang fungsi komponen
biotik dan abiotik dalam kehidupan dengan cara membersihkan lingkungan dan menanam pohon-pohonan di
sekolah.
|
-
Observasi/ pengamatan
-
Laporan praktikum
-
Tes tulis
|
30
|
-
Lingkungan
-
Buku sumber
IPA SMK XI
ERLANGGA
|
||
3.2. Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan
|
- Kondisi lingkungan hidup dijelaskan
pada tingkat lokal, regional, nasional
dan global
- Saling ketergantungan antar komponen biotik
dan abiotik dijelaskan berdasarkan hasil percobaan
- Bahaya over eksploitasi ekosistem dijelaskan
berdasarkan dampaknya.
|
- Saling
Ketergantungan
- Dampak
Over eksploitasi Ekosistem
|
-
Melakukan tukar pendapat tentang permasalahan
lingkungan yang terdapat dalam skala lokal, regional, nasional dan global
- Menunjukkan
komponen biotik yang ada di lingkungan sekolah.
- Melakukan
kegiatan penelitian tentang Saling ketergantungan antar komponen biotik dan
abiotik
- Diskusi
kelompok tentang hasil kegiatan penelitian.
- Presentasi
hasil diskusi kelompok.
- Mendiskusikan dampak
over eksploitasi ekosistem terhadap kualitas lingkungan dan kualitas
hidup masyarakat sekitar.
- Tanya
jawab hal-hal yang belum dipahami siswa.
|
- Observasi/
pengamatan
-
Laporan praktikum
-
Tes tulis
|
18
|
- Lingkungan
- Buku sumber
IPA SMK XI
ERLANGGA
|
||
3.3. Mendeskripsikan
AMDAL
|
- Pengertian AMDAL dideskripsikan berdasarkan
lingkup suatu kegiatan
- Kebijaksanaan Lingkungan di Indonesia
dijelaskan dalam hubungannya dengan kegiatan pembangunan
- Dampak kegiatan pembangunan dan
pengelolaannya dijelaskan secara tepat
- Metode Identifikasi Prakiraan dan Evaluasi
Dampak dijelaskan dengan tepat
- Prosedur pelaksanaan pengambilan data AMDAL
dilakukan dengan benar
- Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam
pelaksanaan AMDAL
diidentifiksi berdasarkan praktik di lapangan. |
- AMDAL
- Kebijakan
Lingkungan di Indonesia
- Dampak
kegiatan pembangunan dan pengelolaannya
- Metode
Identifikasi Prakiraan dan Evaluasi Dampak
|
- Mendiskusikan
kualitas lingkungan
di berbagai daerah ditinjau dari kenyaman hidup masyarakat sekitar.
- Membahas
informasi kebijakan dan regulasi pengelolaan lingkungan di Indonesia.
- Mendiskusikan
tujuan, prosedur, dan rekomendasi yang ingin dicapai dengan adanya AMDAL
sebelum melakukan pembangunan.
- Melaksanaan
praktik simulasi analisis mengenai dampak lingkungan pada suatu areal dengan
karakteristik tertentu.
- Mengobservasi
langsung daerah yang telah dan sedang dibangun dan mempelajari hasil
AMDALnya.
- Mendiskusikan
petingnya AMDAL dilaukan secara obyektif, profesional, dan cermat agar
memperoleh rekomendasi yang sesuai dengan pembangunan berkelanjutan yang
berwawasan lingkungan.
|
- Observasi/
pengamatan
- Laporan
praktikum
- Tes
tulis
- Tugas
|
12
|
-
Lingkungan
-
Buku sumber
IPA SMK XI
ERLANGGA
|
Keterangan:
TM : Tatap muka
PS : Praktik di Sekolah (2 jam praktIk
di sekolah setara dengan 1 jam tatap muka)
PI : Praktek di Industri (4 jam
praktIk di Du/Di setara dengan 1 jam tatap muka)
0 comments:
Post a Comment